Pengelolaan kelas adalah salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh guru. Kelas yang diatur dengan baik akan menjadi penunjang dalam percepatan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu teknik menngelola kelas adalah menguasai metode dan model pembelajaran. Buku ini menyediakan pengetahuan teoritis dan contoh praktis tentang sebuah metode atau model pembelajaran. Contoh rencana pembelaja…
Buku ini menghadirkan gambaran pentingnya metode dalam pembelajaran anak serta macam-macam metode belajar. Sebagaimana metode ceramah, metode tanya jawab, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode bermain, metode bercerita, metode bernyanyi, metode karyawisata, metode demonstrasi, metode problem solving, metode simulasi, metode holistik, kumon, cantol raudhah, metode Montessori, multiple in…
Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yag disajikan oleh guru, agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan. Model ini nantinya digunakan guru untuk mengorganisasikan kelas, agar tujuanpembelajaran dapat tercapai dengan baik. Model pembelajaran tentumya tidak sekadar alat pemyampai materi, tapi juga dapat memberikan drongan dan minat belajar bagi siswa. Tak terkecuali pada mata pel…
Buku ini menjabarkan upaya-upaya agar mampu menghadapi kompleksitas pembelajaran di abad ke -21 melalui jalan pengiuatan keterampilan berpikir. Dan lebih mengantarkan pembaca untuk memahami secara mendalam konsep keterampilan berpikir tingkat tinggi, Keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif serta bagimana cara mengajarkannya
Buku ini menjelaskan secara komprehensif bagaimana pembelajaran kreatif berbasis sains itu dilaksanakan, mulai dari tahap metode hingga praktik pelaksanaannya, semisal model pembelajaran problem-based learning, model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran eksperimen, atau model pembelajaran kontekstual, dan masih banyak lagi yang lainnya. Model desain pembelajaran yang tersaji di dalam buku i…
Proses Pembelajaran pada dasarnya adalah proses interaksi, baik interaksi antar siswa maupun interaksi siswa dengan guru, bahkan interaksi siswa dengan lingkungan.
Banyak murid yang mengalami kebingungan dalam menerima pelajaran dan tidak mampu mencerna materi yang diberikan. Tak jarang, justru mereka yang dituduh bermasalah. Ternyata, kegagalan siswa mencerna informasi dari gurunya disebabkan oleh ketidaksesuaian gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa. Padahal, apabila gaya mengajar guru sesuai dengan gaya belajar siswa, semua pelajaran akan terasa sa…
Menyajikan suasana belajar dan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik bukanlah perkara yang mudah. Hal ini disebabkan peserta didik merupakan pribadi-pribadi yang unik, yang antara yang satu dan lainnya memiliki perbedaan, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotornya. Oleh sebab itu, guru harus memiliki inisiatif, pengetahuan, dan kompetensi yang memadai yang didukung oleh su…
Buku Implementasi Belajar dan Pembelajaran ini lebih memfokuskan pembahasannya pada perkembangan pembelajaran dan implementasinya, termasuk bagaimana implementasi pada abad ke-21. Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, sebagai pemandu perubahan, inkubator pembelajaran, dan konsultan pembelajaran? Sudah siapkah para guru di Indonesia untuk menjalankan peran seperti itu? Sesuai de…