Tantangan di era global yang kompleks saat ini terus berlangsung, sehingga inovasi dalam sektor publik menjadi sangat penting. Inovasi tidak hanya membantu dalam mengatasi berbagai masalah sosial dan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat, tetapi juga dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan publik. Buku Inovasi Sektor Publik: Konsep dan Praktik ini hadir sebagai buku referensi yang men…
Birokrasi pelayanan publik merupakan aspek krusial dalam keberhasilan sebuah negara dalam memberikan layanan yang berkualitas kepada masyarakatnya. Kinerja birokrasi yang efisien dan responsif menjadi kunci utama dalam menciptakan kepuasan publik serta meningkatkan kesejahteraan sosial. Buku ini berusaha untuk menyajikan pemahaman mendalam mengenai dinamika birokrasi pelayanan publik, tantangan…
Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam me ngenai konsep, prinsip, strategi, dan teknik yang terkait dengan manajemen pelayanan publik. Penulis berusaha menjelaskan pentingnya manajemen yang baik dalam konteks pelayanan publik, serta bagaimana prinsip-prinsip manajemen modern dapat diterapkan untuk memenuhi harapan masya rakat. Selain itu, buku ini juga akan membahas berbagai tan…
Buku ini membahas mengenai pengertian dan definisi dari pelayanan sektor publik, strategi penyelenggaraan pelayanan sektor publik, dimensi kualitas dan standar pelayanan publik, dan prinsip pelayanan publik. Selanjutnya membahas bagaimana organisasi pemerintahan sektor publik, manajemen pelayanan publik, membangun sistem pelayanan publik serta pelayanan publik yang responsif dan inklusif. Buku …
Manajemen pelayanan dan pengembangan organisasi publik adalah panduan komprehensif yang menjelajahi berbagai aspek kunci dalam mengelola pelayanan dan mengembangkan organisasi sektor publik. Pembaca dibimbing melalui pemahaman mendalam tentang manajemen pelayanan, penekanan pada pelayanan responsif, inklusif, dan berkualitas. Buku ini juga membahas peran teknologi informasi, inovasi, dan penguk…
Teori organisasi modern sebagai suatu kelembagaan yang mempunyai fokus perhatian pada pemahaman mengenai perilaku birokrasi yang dipandang juga sebagai suatu organisasi yang kompleks dan sangat mengedepankan faktor-faktor efisiensi dan efektivitas. Salah satu perilaku birokrasi yang menjadi penekanan utama diketengahkan dalam paradigma terhadap organisasi dan birokrasi ini adalah perilaku penga…
Pelayanan publik yang inovatif terlahir dari kekreatifan berfikir (creative thingking ) dalam rangka pemecahan masalah (problem solving)dan dituangkan menjadi keputusan (decision making). Namun hasil inovasi tersebut tidak akan bermanfaat lebih luas bila tidak dapat direplikasi di daerah lain. Oleh karena itu syarat siatu inovasi dapat direplikasi di daerah lain menjadi salah satu syarat dalam …
Buku ini membahas bagaimana melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja utnuk memperkokoh integritas pelayanan publik melalui pembangunan zona integritas. Dalam penyajiannya buku ini dibagi menjadi delapan bagian yang setiap bagiannya membahas tentang topik yang ada kaitannya dendgan integritas meliputi : perubahan material inti reforfmasi birokrasi; pembangunan zona integritas langkah kong…
Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas. Dalam kehidupan bernegara, maka pemerintah memiliki fungsi hakiki memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk pengaturan ataupun pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan, utilitas, dan lainnya. Berbagai g…